Filipina dilanda Bencana Topan Conson, Sejumlah Bangunan Rusak Parah

Filipina dilanda Bencana Topan Conson, Sejumlah Bangunan Rusak Parah

Tepatnya pada hari Selasa tanggal 7 September 2021, badai yang sangat kuat menghantam sejumlah wilayah di Filipina Timur. Aangin yang berkekuatan sangat besar tersebut menghantam beberapa bangunan hingga usak parah dan menyebabkan pemadaman listrik di sebagian provinsi tersebut.

Filipina dilanda Bencana Topan Conson, Sejumlah Bangunan Rusak Parah

Angin topan itu bernama Topan Conson yang membawa angin berkecapatan hingga 120 kilometer per jam dengan hembusan anginnya mencapai 150 kilometer per jam. Diketahui angin topan tersebut mendarat pertama kali di daerah kota pesisir Hernani yang mmerupakan provinsi Samar Timur. Sebelumnya menghantam provinsi Samar dekat wilayahnya pada Selasa pagi menurut dinas layanan cuaca negara itu. Hingga Rabu pagi, arah mata angin topan itu berada di sekitar kota Dimasalang, provinsi Masbate.

Baca artikel lainnya: Apa itu Tanah Longsor dan Bagaimana Proses Terjadinya?

Filipina Merupakan Salah Satu Negara di Dunia yang Rawan Terjadi Bencana Alam

Filipina Merupakan Salah Satu Negara di Dunia yang Rawan Terjadinya Bencana Alam

“Terima kasih Tuhan Sang Maha Baik, kami di sini hanya mengalami kerusakan kecil,” kata Ben Evardone Gubernur Samar Timur. Ia juga menambahkan bahwa seluruh kantor-kantor pemerintahan ditutup untuk sementara waktu, mengingat bencana alam angin topan Conson masih dapat terjadi di sejumlah wilayah di Filipina.

Pengelola listrik negara Filipina, National Grid Corporation of the Phipippines (NGCP) menyebutkan bahwa sebagian jalur transmisi listrik terdampak angin topan tersebut. Dilaporkan untuk pemadaman listrik terjadi di beberapa wilayah seperti Samar, Samar Timur dan Leyte. Beberapa pejabat setempat juga melaporkan telah terjadinya banjir di sejumlah titik di Kota Tacloban.

Dinas Layanan Cuaca Filipina memeperingatkan bahwa kemungkinan datangnya angin topan tersebut yang merusak dan hujan lebat dalam waktu kurang dari 18 jam di beberapa wilayah di 7 provinsi, termasuk Quezon, Masbate, Albay dan Samar, yang berada di bawah peringatan topan tingkat tiga dari skala sistem lima tingkat. Di wilayah pusat ibu kota Filipina, yakni Manila berada di bawah peringatan topan tingkat satu. Artinya angin topan yang berkekuatan kencang tersebut diperkirakan akan terjadi dalam 36 jam ke depan. Angin Topan Conson diperkirakan akan melemah menjadi badai siklus tropis pada hari Rabu dan Kamis pagi waktu setempat.

Selain 20 topan dan badai melanda Filipina untuk setiap tahunnya, hujan lebat musiman pun sering terjadi di negara ini. Dikarenakan negara Filipina merupakan wilayah yang terletak pada “Cincin Api Pasifik“, gempa bumi, tsunami dan gunung meletus menjadikannya salah satu negara di dunia yang paling rawan terdampak bencana alam.