Perlu Diketahui! 5 Cara Efektif Dalam Mencegah Terjadinya Bencana Alam Tanah Longsor

Perlu Diketahui! 5 Cara Efektif Dalam Mencegah Terjadinya Bencana Alam Tanah Longsor

Salah satu bencana alam yang sering terjadi di negara kita tercinta ini, Indonesia, ialah bencana alam Tanah Longsor. Bencana alam yang satu ini sifatnya datang secara tiba-tiba.

Untuk menghindari resiko tanah longsor yang bisa memakan harta bernda maupun korban jiwa, cara mencegah tanah longsor perlu diketahui dan dipraktekkan secara bersama oleh masyarakat sekitar.

Bencana alam tanah longsor sendiri pada umumnya terjadi di daerah atau wilayah yang terdapat banyak lereng dengan kemiringan sekitar di atas 45 derajat. Meski demikian, tanah longsor juga bisa terjadi di dataran tanah yang memiliki bidang datar walaupun kemungkinannya sangat kecil sekali.

Perlu Diketahui! 5 Cara Efektif Dalam Mencegah Terjadinya Bencana Alam Tanah Longsor

Demi alasan keamanan untuk semua orang, khususnya untuk masyarakat yang terdapat di sekitaran daerah rawan longsor, masyarakat diminta untuk selalu waspada terhadap tanda-tanda terjadinya bencana alam yang satu ini.

Juga tidak bosan untuk selalu mentaati aturan-aturan dan cara mencegah dan menanggulangi terjadinya tanah longsor. Maka dari itu, berikut beberapa cara mencegah tanah longsor yang paling efektif. Simak penjelasannya!

Jangan Membangun Rumah Persis Di Bawah Tebing atau Lereng

Untuk cara mencegah terjadiny atanah longsor yang pertama ialah dengan tidak membangun rumah persis di bawah tebing atau lereng. Cara ini merupakan upaya untuk pencegahan terjadinya tanah longsor yang paling dasar dan bisa diterima dengan masuk akal.

Nah, untuk menanggulanginya jatuhnya para korban jiwa dan kerugian harta benda ialah tidak membangun rumah atau tempat tinggal di bawah tebing atau lereng yang sangat beresiko tertimbun longsor tersebut. Perlu diketahui juga, bahwa masyarakat harus mengetahui bagaimana bahaya dan resiko membangun rumah persis di bawah tebing atau lereng.

Jangan Menebang Pepohonan yang Tumbuh di Lereng

Cara mencegah terjadinya tanah longsor atau cara menanggulangi tanah longsor yang paling efektif yang kedua adalah dengan tidak menebang pepohonan yang tumbuh lereng pegunungan. Mengapa hal tersebut harus dilakukan? Karena akar-akar pohon itu sangat berguna dalam membuat struktur tanah menjadi lebih kuat dan kokoh sehingga tanah yang berada di lereng tersebut tidak mudah longsor apabila musim hujan tiba.

Cara Menanggulangi Tanah Longsor Dengan Beton atau Benteng

Kemudian untuk mencegah terjadinya tanah longsor berikutnya ialah dengan membangun semacam benteng atau beton. Keduanya dibuat untuk menutupi lereng ataupun tebing dan benteng atau beton ini bisa berupa bangunan dari semen yang mampu menutupi tebing atau lereng tanah tersebut.

Hal ini dapat membantu untuk meminimalisir terjadinya tanah longsor karena tanah akan tertahan oleh semen tersebut sehingga tidak mudah longsor. Ketika air hujan pun turun dengan sangat deras, terkadang bisa merembes masuk hingga ke dalam tanah sehingga membuat stuktur tanah menjadi ssangat rapuh.

Pada akhirnya nanti, struktur tanah yang rapuh tersebut akan longsor dan menimpa bangunan sekitar yang ada tepat dibawahnya bersamaan dengan seluruh hal yang tengah ada di dalam bangun tersebut.

Waspadai Apabila Hujan Deras Turun Secara Terus-Menerus

Waspadai Apabila Hujan Deras Turun Secara Terus-Menerus

Cara mencegah tanah longsor selanjutnya adalah dengan selalu waspada ketika hujan deras turun, apalagi ketika memasuki musim hujan saat hujan turun terus menerus. Bagaimana cara agar kita selalu waspada?

Apabila hujan deras telah berlangsung selama tiga jam atau lebih, maka kita harus waspada dan bertindak cepat, salah satunya adalah dengan mengungsi ke tempat lain atau menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Baca Artikel Lain↓↓↓

Filipina dilanda Bencana Topan Conson, Sejumlah Bangunan Rusak Parah

Jika kita tidak dapat mencegah bencana tanah longsor, setidaknya kita dapat meminimalisir kemungkinan jatuhnya korban jiwa.

Hindari Mendirikan Bangunan Tempat Tinggal Di Atas Tebing

Rumah atau tempat tinggal yang berada tepat di atastebing atau lereng pegunungan akan selalu membuat orang-orang kagum dan menganga jika melihatnya. Tren bangunan di atas tebing ini memang terasa berbeda dari yang lain dan rasanya tidak ada matinya. Terkesan unik dan selalu mengesankan dalam melihatnya sehingga seringkali dijadikan untuk tujuan objek wisata.

Namun, apakah kalian tahu? Bahwa lahan untuk pendirian bangunan tempat tinggal tersebut yang terdapat di atas bukit tidak baik dan sangatlah berbahaya. Bangunan yang terdapat di atas bukit itu bisa memicu terjadinya longsor karena ada penekanan tanah yang dilakukan oleh bangunan itu sendiri.

Makanya, pendirian banguna tempat tinggal di atas lereng atau bukit lebih baik diminimalkan saja karena kurang baik untuk tanah dan akan menimbulkan resiko terjadinya tanah longsor. Cara mencegah tanah longsor ini jauh lebih mudah untuk dilakukan ketimbang jika harus menanggung dampak bencananya nanti.